Kamis, 26 Juni 2014

Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan - Stomatitis Aftosa atau sering dikenal dengan sariawan adalah sebuah penyakit yang terjadi pada selaput lendir di bagian mulut yang berwarna bercak kekuninangan berupa luka. tidak hanya itu, sariawan juga menimbulkan efek rasa sakit yang membuat kita susah untuk makan. Biasanya sariawan akan sembuh secara normal sekitar 1 - 2 minggu.

Faktor penyebab sariawan ada banyak sekli, akan tetapi ada beberapa yang sering terjadi pada dirikita.

# Dikarenakan mulut yang tergigit secara tidak sengaja, ini hal yang paling sering terjadi saat kita makan dan akan menimbulkan luka, itulah yang disebut sariawan.

# Kekurangan vitamin C

# Alergi terhadap sesuatu, bisa jadi karena makan.

# Faktor psikologi atau keadaan fisik yang kurang prima.

Poin-poin diatas adalah suatu hal yang sering kita alami sebelum kita terkena sariawan. akan tetapi jika sariawan sembuh dengan normal terlalu lama, maka kita bisa mengobati agar sariawan dapat sembuh dengan lebih cepat. minimal dapat mengurangi rasa sakit yang di timbulkan oleh penyakit sariawan. berikut Cara Mengobati Sariawan yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

# Berkumur menggunakan air garam
Buat air hangat terlebih dahulu. Kemudian campurkan garam dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari. Kandungan yang terdapat dalam garam dapat menarik cairan luka sariawan. Berkumur menggunakan air garam dapat juga untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi berlubang.

# Air kelapa
Air kelapa dapat menenangkan sistem pencernaan dan mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh kita. Air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.

# Konsumsi buah-buahan
Anda bisa memakan jeruk ataupun buah-buahan lainnya. Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat untuk menyembuhkan sariawan.

# Baking soda
Baking soda dapat menghilangkan bakteri penyebab sariawan. Caranya, campurkan baking soda dengan air lalu gunakan untuk berkumur. Anda juga dapat membuat baking soda menjadi pasta. Caranya, campurkan baking soda dengan garam kemudian tambahkan sedikit air. Oleskan pasta yang sudah dibuat tersebut pada luka sariawan dan tunggu sekitar 10 - 15 menit, kemudian basuh sampai bersih dengan air.

# Madu
Madu dapat juga digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya sangat mudah, oleskan madu murni pada luka sariawan tersebut dan minum madu 3 kali sehari 2 sendok makan. Lakukan cara menggunakan madu ini secara rutin.

# Daun jambu biji
Daun jambu biji sudah dikenal bermanfaat untuk mengobati sakit perut. Namun, daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk mengobati sariawan. Caranya, kunyahlah beberapa lembar daun jambu biji lalu berkumur.

# Kunyit
Kunyit selain dijadikan sebagai rempah-rempah atau bumbu masak. Kunyit bisa juga digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Buat pasta dari kunyit. Cuci kunyit sampai bersih terlebih dahulu. Kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan 1 sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk ataupun diblender. Gliserin dapat mudah ditemukan di supermarket atau apotek. Selanjutnya oleskan pada bagian luka sariawan.

# Minyak Kelapa dan Madu
Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri. Caranya, campurkan minya kelapa dengan madu kemudian oleskan pada bagian luka sariawan. Untuk langkah ini, alangkah baiknya dilakukan pada saat hendak tidur.

# Yoghurt
Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Hal ini karena yoghurt mengandung acidophilus hidup. Dengan begitu dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Jika hal di atas bisa anda lakukan dengan baik, maka rasa sakit atau sariawan yang menyerang anda kini bisa teratasi. dan adan bisa makan dengan nyaman tanpa ada gangguan rasa sakit sedikitpun. demikianlah Cara Mengobati Sariawan yang ampuh. semoga pembahasan kali ini sangat membantu anda dalam penanganan penyakit sariawan.

Cara Mengobati Sariawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dodi Atmaja

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.