Minggu, 22 Juni 2014

Tips Menangani Demam pada Anak

Tips Menangani Demam pada Anak - Ketika anak demam kita sering langsung membawa kedokter untuk proses penyembuhan dengan cepat. sebenarnya itu adalah langkah yang sangat tepat, karena kita sudah menyerahkan kepada orang yang memang sudah ahli dalam hal anak-anak yaitu dokter anak. Tetapi bagaimana bila kita tidak bisa untuk kedokter karena sesuatu, misal rumah jauh dari kota atau banyak hal lain yang membuat kita tidak bisa untuk membawa anak kita berobat ? tenang wahai bunda, semua bisa di atasi.

Sebelum mengatasi demam anak, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang demam pada anak. Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan perlawanan tubuh terhadap bakteri yang menyerang pada anak, contoh ketika virus flu, batuk menyerang, maka efek yang terjadi pada anak adalah demam yang sebenarnya adalah perlawanan tubuh terhadap penyakit.

Anak akan dikatan demam apabila suhu pada tubuhnya sudah berada pada batas ambang normal, yaitu diatas 37,2 derjat celcius. jika sudah lebih maka lebih baik bawa kedokter dengan segera. akan tetapi jika tidak lebih dari batas ambang normal dan anak tidak panas disertai kejang, maka para bunda bisa menangangi lebih awal, pertolongan pertama pada anak sebelum demam menjadi lebih berat.

Berikut Tips Menangani Demam pada Anak yang bisa para bunda lakukan di rumah,

Memantau suhu tubuh secara berkala menggunakan termometer khusus untuk anak.

Memberi cairan dalam jumlah cukup kepada anak untuk menghindari dehidrasi.

Mengkomsumsi gizi seimbang untuk memperkuat daya tahan tubuh anak.

Memperhatikan sirkulasi ruangan, agar tidak pengap.

Memberi obat penurun demam, bila suhu anak melebihi 38 derajat celsius. Apabila suhu tubuhnya sudah normal, pemberian obat dihentikan.

Mengompres anak dengan air hangat, terutama bila suhu tubuh anak mencapai 39 derajat celsius.Kompres bisa diletakkan di dahi, perut, atau lipatan ketiak serta paha.Air hangat membuat pembuluh darah tepi di kulit melebar dan membuka pori-pori tubuh.sehingga lebih cepat terjadi penguapan.

Mengenakan anak baju yng menyerap keringat.Apabbila anak menggigil, anak diselimuti, tetapi segera dilepaskan kembali bila menggigilnya hilang.

Segera membawa anak ke dokter, apabila demam tidak segera turun.

Tips Menangani Demam pada Anak

Jadi untuk para bunda jangan panik dahulu ketika sibuah hati sedang demam, selagi masih di batas ambang normal, lakukan cara di atas dengan teliti, mudah-mudahan demam pada anak bisa teratasi dan si buah hati bisa bermain, dan tersenyum kembali. semoga Tips Menangani Demam pada Anak kali ini sangat bermanfaat buat para bunda yang sedang kesusahan karena sibuah hati sedang demam. selalu jaga kesehatan anak ya bunda :)

Tips Menangani Demam pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dodi Atmaja

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.